Laman

Jumat, 05 Oktober 2012

Arsitektur komputer, Kognisi manusia, hubungan arsitektur komputer dan kognisi manusia

Nama: Rizkie Ayu Amalia
NPM: 13509427
Kelas: 4PA05


Von Neumann adalah seorang matematikawan dari Hungaria-Jerman yang memberikan kontribusi penting dalam salah satu bidangnya yaitu ilmu komputer. Beliau juga merupakan pionir komputer digital modern dan penerapan teori operator dibidang mekanika. Beliau menjelaskan bahwa arsitektur computer adalah sistem komputer non paralel dan Beliaulah yang pertama kali menggagas konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini. Beliau juga salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.
Arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan struktur dalam pengoperasian dasar sistem komputer (Dito blog, 2011).
Arsitektur komputer juga berkaitan dengan atribut-atribut yang mempunyai dampak langsung pada suatu sistem komputer, maksud dari atribut-atribut itu adalah arsitektur komputer mempunyai kebutuhan yang fungsional sebagai perangkat keras dalam desain suatu program komputer.
Arsitektur komputer merupakan konsep perencanaan dan sturtur pengoprasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer disebut sebagai suatu seni megenai cara-cara dalam mengaplikasikan atau interkoneksi dalam komponen perangkat keras agar memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biaya. Dan dalam pengoprasian lebih difokuskan bagaimana cara bekerja CPU serta mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll (Wartawarga Gundarma, 2012).
Kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi, yaitu :
Kelebihan:
1. Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
2. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3. Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
Kekurangan:
1. Membutuhkan waktu yang cukup lama
2. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka.
Menurut (Jimmy, 2008) arsitektur komputer mempunyai unit-unit perangkat yang menyusun antara lain:
  1. Perangkat keras
Semua bagian fisik computer dan dibedakan dengan data yang berada didalamnya atau yang beroperasi didalamnya seperti: mesin pemutar disket, mesin pemutar hard disk, motherboard yang disimpan dalam CPU.
  1. CPU (central processing unit/unit pengolahn pusat)
Perangkat yang mengendalikan semua sistem computer. Funsi utama CPU adalah melakukan berbagai operasi, termasuk operasi aritmatika dan logika terhadap data yang dating dari memori atau informasi yang dimasukkan melalui perangkat keras, serta papan ketik (keyboard).
  1. Perangkat lunak (software)
Disebut sebagai sistem komputer yang tidak berwujud. Karena perangkat ini berfungsi untuk menjalankan semua perangkat yang ada. Contohnya, data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
kualitas arsitekstur komputer antara lain (ozygazebo blog, 2011):
1.      Generalitas, ukuran besar kecilnya jangkauan aplikasi terhadap arsitektur computer.
2.      Daya terap (applicability), pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakan.
3.      Efisiensi adalah ukuran rata-rata dari sebuah software dalam omputer.
4.      Kemudahan dalam menggunakan arsitektur komputer mulai dari cara pengoprasiannya sampai pengaplikasiannya.
5.      Daya kembang (expandability), ukuran kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur.
Kognisi merupakan proses dimana orang belajar sesuatu dari dunia nyata seperti pengalaman (ukdw).
Kognisi merupakan aktivitas mental yang menggambarkan pemrolehan, penyimpangan, transformasi dan menggunakan pengetahuan (Solso, 1991).
Terdapat lima proses mental dalam system kognisi, yaitu: memahami, mengevaluasi, merencanakan, memilih, dan berpikir.
Kognisi merupakan kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang telah didpatkan dsriproses berpikir. Cara manusia  memperoleh pengetahuan adalah dengan cara menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi (Didit dalam kompasiana, 2010).
Kognitif adalah proses-proses mental atau aktivitas pikiran dalam memperoleh, menyimpan, mengetahui dan menggunakan pengetahuan atau informasi.
 Menurut (Muhdar Mahmud) Asumsi proses kognisi:
  1. Saling berkaitan antara satu unit dengan unit lainnya dan tidak dapat berjalan sendiri karena mempunyai hubungan diantara unit-unit itu. Contohnya seperti memecahkan masalah, hasrat/mengiginkan sesuatu dan proses dalam belajar.
  2. Latihan atau belajar. Karena otak manusia secara aktif mengolah informasi yang diterima dan mengubahnya dalam bentuk dan katagori yang baru akan lebih efektif dalam proses kognisi.
Kegiatan pengelolaan informasi yang berlangsung didalam kognisi itu akan menentukan perubahan perilaku seseorang (Wordpress, 2011).
Ausabel merupakan seorang tokoh yang mengemukakan bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan.Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang.
kesimpulan:
Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan struktur dalam pengoperasian dasar sistem komputer. Arsitektur komputer juga berkaitan dengan atribut-atribut yang mempunyai dampak langsung pada suatu sistem komputer. Unit-unit dalam struktur artsitek computer tidak sekompleks dengan kognisi manusia karena arsitektur komputer hanya terdiri dari mesin pemutar disket, mesin pemutar hard disk dan CPU. Sedangkan kognisi manusia merupakan merupakan kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang telah didapatkan dari proses berpikir. Cara manusia  memperoleh pengetahuan adalah dengan cara menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi. Semuanya itu karena otak yang berperan penting dalam menghubungkan bagian -bagian tubuh manusia yg menjadikan suatu sistem yang kompleks.


Referensi:
Solso, RL.(1991). Cognitive psychology. Boston: Allyu&Racon.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai kognitif, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4275/1/DESIGN5.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    Balas

    BalasHapus